Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Negara Gersang di Dunia 2023, Hampir Tidak Ada Hujan Selama 500 Tahun


5 Negara Gersang di Dunia 2023, Hampir Tidak Ada Hujan Selama 500 Tahun


Hujan jarang turun di beberapa wilayah di sebagian negara, sehingga negara tersebut dinobatkan sebagai negara paling gersang di dunia.
Negara-negara paling utara di belahan Bumi utara atau negara paling selatan di belahan Bumi selatan mengalami empat musim dalam setahun dan variasi suhu yang luas, serta suhu yang lebih dingin di musim dingin.

Sementara itu, negara yang paling dekat dengan garis khatulistiwa mengalami suhu yang lebih hangat sepanjang tahun dibandingkan dengan negara-negara yang lebih jauh ke utara atau garis khatulistiwa.

Adapun negara-negara yang termasuk negara paling gersang atau kering karena hampir tidak mengalami curah hujan atau mungkin musim dingin.

5 Negara paling gersang di dunia 2023

Nah, untuk membantu Bunda mencari tahu negara mana saja yang paling gersang di dunia. Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Chili

Melansir dari laman A Soothing Living, Chili adalah salah satu negara yang dikenal paling gersang di dunia dan Aracia menjadi kota paling kering di negara tersebut.

Aracia adalah kota pelabuhan dengan tingkat kelembapan dan tutupan awan yang tinggi, meskipun tidak ada hujan dari langit. Kelembapan di udara tidak cukup sampai ke tanah, meski basah.

Gurun Atacama yang berdekatan berada dalam bayang-bayang hujan, memeras curah hujan dari pegunungan dan hanya mengangkut udara kering ke gurun, beberapa daerah tidak pernah melihat hujan selama lebih 500 tahun, Bunda.

2. Dry Valley, Antartika

Seperti yang dibayangkan medan yang tertutup salju di Antartika, Dry Valley termasuk salah satu tempat paling gersang di dunia. Lembah-lembah, wilayah bebas es terbesar di benua itu, memiliki kelembapan yang sangat rendah dan hampir tidak ada es batu atau salju.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui tempat lainnya yang menjadi tempat paling gersang di dunia.

3. Libia

Libia termasuk salah satu tempat paling gersang di dunia. Di dekat Al-Kufrah, tempat terkering di Afrika, terdapat beberapa daerah oasis dengan mata air bawah tanah alami yang menyediakan air bagi manusia dan hewan.
Persik, kurma, dan aprikot adalah tanaman utama yang ditanam di daerah tersebut. Gurun dataran rendah ada di dekatnya, dengan bukit pasir mencapai 980 kaki.

4. Mesir

Mesir adalah salah satu tempat paling gersang di dunia. Aswan di Mesir mungkin terkenal dengan bendungannya, tetapi kota ini sering kekurangan air

Sementara bagian lain Mesir mendapat manfaat dari angin laut, Aswan tetap panas dan kering sepanjang tahun. Kedekatan kota memperburuk suhu tinggi dan cuaca kering ke Tropic of Cancer.

5. Peru

Peru adalah salah satu tempat paling gersang. Akan tetapi, Ica, Peru, berada di pinggiran Five, dekat Gurun Atacama, Bunda. Akan tetapi, tidak selalu seperti ini di daerah yang kering dan berdebu ini.

Nah, itulah beberapa tempat paling gersang di dunia 2023, salah satu tempatnya bahkan tidak mendapatkan hujan lebih dari 500 tahun.

Posting Komentar untuk "5 Negara Gersang di Dunia 2023, Hampir Tidak Ada Hujan Selama 500 Tahun"