Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Masa Depan


Ide Bisnis yang Menjanjikan di Masa Depan

Bentuk berbagai bisnis terus berubah mengikuti kebutuhan dan cara hidup masyarakat. Dalam 20 tahun terakhir, masyarakat diperlihatkan matinya bisnis jasa telepon umum dan lahirnya outlet penjualan smartphone yang menjamur. Oleh karena itu, pengusaha wajib cermat dalam melihat bisnis yang menjanjikan di masa depan

1. Ekosistem Pariwisata 
Perkembangan taraf hidup dan dan peralihan profesi masyarakat, terutama di bagian perkotaan, membuat wisata tidak hanya dilakukan sekali dalam waktu yang lama. Wisata bisa dilakukan oleh masyarakat setiap akhir pekan untuk melepas keberatan kerja. Bahkan, wisata juga bisa dilakukan ketika hari kerja mengingat banyak perusahaan memberlakukan cara kerja remote. 

Oleh karena itu, sektor pariwisata akan menjadi ladang bisnis yang menjanjikan di masa depan. Berbagai bisnis yang berkaitan dengan ekosistem pariwisata ini adalah seperti:

tempat pemesanan tiket dalam bentuk offline maupun online 
layanan taksi bisa berupa taksi konvensional hingga drone 
pemandu wisata yang memiliki pengetahuan luas 
layanan sewa kendaraan 
jasa bantuan dan keamanan untuk perjalanan luar negeri 
pendamping dan penerjemah bahasa

2. Layanan Kesehatan Mental 

Generasi milenial yang semakin mendominasi populasi manusia disebut-sebut sebagai generasi yang rentan pada gangguan mental. Masyarakat dengan usia ini disebut kerap mengalami kecemasan, depresi, dan stres yang tinggi. Menurut Harvard Medical School, 47% milenial Amerika Serikat mengalami depresi berat dan itu dapat menjadi cerminan bagi negara lain.  

Banyak masyarakat dari generasi milenial yang cenderung merasa kesepian dan mengalami kesedihan mendalam. Tanpa pengawasan orang tua, banyak anak muda yang melakukan hal negatif untuk mengalihkan masalah mentalnya. Oleh karena itu, masalah-masalah seperti ketergantungan alkohol, motivasi melawan intimidasi di tempat kerja, dan lainnya menjadi layanan kesehatan mental yang dibutuhkan di masa depan. 

3. Perdagangan Listrik Sebagai Bahan Bakar 

Pada dasarnya listrik memang diperjualbelikan setiap hari. Namun, perdagangannya akan meningkat di masa depan. Hal itu karena listrik menjadi tumpuan energi di masa yang akan datang. Banyak peralatan rumah tangga hingga kendaraan akan menggunakan listrik sebagai bahan bakar.  

Oleh karena itu, stasiun pengisian bahan bakar listrik menjadi di bisnis yang akan hadir di masa depan. Stasiun pengisian listrik ini tidak hanya digunakan untuk kendaraan seperti mobil, melainkan juga pengisian ulang batu baterai besar yang bisa digunakan untuk memasok arus listrik kebutuhan rumah tangga. 

4. Penginapan Home Sharing 

Masyarakat di seluruh dunia akan cenderung untuk pindah dari satu tempat ke tempat yang lain untuk memperoleh pekerjaan atau pendidikan yang lebih baik. Hal tersebut membuat bisnis penyewaan rumah menjadi tumbuh. Namun, penyewaan tersebut berubah bentuk dari waktu ke waktu.

Setelah penyewaan tempat tinggal dalam bentuk indekos, homestay, dan apartemen, home sharing adalah bentuk penyewaan tempat tinggal yang terbaca akan tumbuh subur di masa depan. Home sharing sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan “ngontrak bersama”. Namun, umumnya diisi oleh orang-orang yang tidak saling mengenal tetapi ingin memiliki lingkaran sosial yang lebih luas. 

Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut sebagai bisnis di masa depan. Jika memiliki properti untuk disewakan sebagai home sharing, tentu keuntungan akan lebih mudah diraup. Namun, jika tidak, Anda dapat berperan sebagai mediator yang mempertemukan satu penginap dengan penginap lain. 

5. Edukasi Non Formal 

Semakin modern, banyak masyarakat yang tidak lagi menjadikan edukasi formal sebagai satu-satunya cara mendapatkan ilmu pengetahuan. Faktanya memang banyak pengetahuan dan kemampuan yang hanya bisa diperoleh apabila Anda mengikuti edukasi non formal. Misalnya, belajar cabang olahraga tertentu, seni melukis, hingga belajar teknologi internet. 

Kecenderungan masyarakat modern tersebut bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis bagi seseorang yang memiliki skill tertentu. Tidak peduli kemampuan apa saja yang Anda miliki, akan ada konsumen yang membutuhkan bahan ajarnya. Jangan salah sangka, bahkan kemampuan mengolah barang-barang bekas pun akan menjadi bahan ajar yang berharga di masa depan. 

6. Konsultan Berbagai Bidang 

Masyarakat kelas menengah ke atas umumnya akan melakukan diversifikasi bisnis ataupun pengetahuannya ke berbagai bidang. Namun, hal itu tidak dapat didalami secara serius karena terbatasnya waktu dan tenaga. Oleh karena itu, umumnya pribadi tersebut akan memanfaatkan jasa konsultan untuk melakukan pertimbangan dalam mengambil kebijakan. 

Jasa para konsultan yang akan digunakan di masa depan terdiri dari berbagai bidang. Mulai dari konsultan pajak, hukum, dan yang lainnya. Jasa konsultan ini tidak akan lagi banyak digunakan entitas dalam bentuk perusahaan atau kelompok, melainkan perorangan atau keluarga. 

7. Virtual Shopping 

Dalam satu dekade terakhir, online shopping telah mengubah bentuk perdagangan masyarakat di seluruh dunia. Di masa depan, hal itu akan semakin modern dengan bentuk virtual shopping. Artinya, meskipun dilakukan dari jarak jauh, tetapi pengalaman belanja secara konvensional akan dapat dirasakan oleh pedagang dan pembeli. 

Hal ini digambarkan akan terlaksana dalam bentuk virtual reality. Dalam dunia digital, manusia akan berbentuk virtual menjual benda virtual tapi dapat dialihkan dan memiliki nilai di dunia nyata. Oleh karena itu, pengetahuan teknologi akan sangat dibutuhkan untuk memanfaatkan bentuk bisnis baru di masa depan ini. 

8. Jasa Antar Barang dan Makanan 

Jasa antar barang dan makanan menjadi di salah satu pekerjaan konvensional yang akan tetap bertahan di masa depan. Hal itu karena perubahan bentuk dan cara kerja pekerjaan manusia membuat banyak masyarakat kini tidak lagi bisa kerap keluar rumah. Untuk menghemat waktu, umumnya mereka akan memanfaatkan jasa antar.

Bisnis jasa antar ini akan bergantung pada perkembangan jual beli di media sosial atau internet secara umum. Semakin subur bisnis perdagangan online, maka akan semakin banyak dibutuhkan pula jasa antar barang dan makanan. 

Posting Komentar untuk "8 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Masa Depan"