Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Cara Jitu Cari Uang di Internet


Memang ada banyak artikel atau tulisan menarik lainnya yang berusaha memberitahu Anda bagaimana caranya untuk mendapatkan/ cari uang dari internet. Lalu, mengapa artikel ini lebih tepat untuk Anda baca?
Kami akan memberikan 7 cara yang terbukti bisa membantu Anda menghasilkan uang dari aktivitas di internet. Tenang, ketujuh cara yang kami sampaikan berikut tidak melanggar hukum dan cukup mudah untuk dipraktikkan sesegera mungkin!
Bagaimana dengan penipuan? Memang ada banyak sekali tawaran cara menghasilkan uang di internet yang menggiurkan, beberapa di antaranya terlalu bagus untuk jadi kenyataan. Bagaimanapun juga, Anda tetap harus waspada dengan hal-hal seperti ini agar usaha Anda tidak menjadi sia-sia. Anda mungkin juga perlu mengingat adanya proses di setiap kegiatan Anda. Jadi, bila ada yang menawarkan pendapatan uang cepat dan terlalu mudah hanya dengan memasukkan nama dan alamat, misalnya, sangat mungkin kalau itu sebenarnya scamming atau penipuan.
Cara-cara yang akan kami sampaikan berikut dijamin aman bagi Anda. Namun, Anda tetap harus waspada. Mengapa? Karena bisa saja pada page yang sedang Anda akses di website di mana Anda sedang beraktivitas, terdapat iklan atau bentuk kolom menarik lainnya yang menjebak Anda dengan tawaran palsu dan sebagainya.
Berikut adalah 5 cara jitu cari uang di internet!
  • Menulis Sebagai Kontributor

Ada banyak website atau platform media yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan di internet. Namun, sebelum kami memberikan beberapa contoh website-nya, kami akan membagikan beberapa tips terkait menulis itu sendiri.
Berikut adalah beberapa tips menjadi penulis lepas di internet!
  • Banyak Membaca Berbagai Topik . Langkah paling awal yang perlu dilakukan untuk menjadi penulis tentunya adalah membaca. Anda perlu membaca sebanyak mungkin bacaan dari berbagai topik atau bidang kajian. Mengapa? Karena Anda memiliki target untuk menulis lepas di internet. Bila Anda ingin mendapat penghasilan sebanyak mungkin, Anda bisa saja menulis di berbagai jenis platform atau media. Dengan begitu, Anda perlu mengetahui banyak hal. Seperti para wartawan atau jurnalis, Anda harus mampu memberitakan atau menceritakan soal apa saja.
  • Ketahui latar belakang dari media di mana Anda berkontribusi . Apakah tulisan-tulisan yang dimuat cenderung mendalam atau pendek tetapi menarik? Apakah kebanyakan tulisannya memuat nilai religius atau nilai politis tertentu? Siapakah target khalayak atau pembaca dari media tersebut, berapa umur pembacanya kebanyakan dan bagaimana karakternya? Jika Anda telah mengetahui beberapa info penting ini, Anda tinggal menyesuaikan gaya tulisan Anda.
  • Pahamilah Dasar-dasar SEO. Karena Anda menulis bagi platform atau media online, penting bagi Anda untuk megetahui dasar-dasar SEO karena kesuksesan mereka bergantung pada mesin penelusur. Bila Anda tidak mengetahui apa itu SEO, berikut kami akan berikan penjelasan yang sederhana. Search Engine Optimization (SEO) adalah tindakan optimasi konten pada website yang dilakukan agar website dapat peringkat bagus di halaman hasil penelusuran semacam Google. Memang agak susah mengikuti perkembangan SEO karena harus disesuaikan dengan faktor pembaharuan algoritma yang bisa sampai ratusan dalam setahun. Tenang, Anda tak perlu mengetahui teknik-teknik SEO yang rumit. Anda hanya perlu mengetahui dasar-dasarnya. Contohnya, bagaimana Anda harus memasukkan kata-kata kunci tertentu terkait topik agar Google bisa memunculkan tulisan Anda di halaman pertama karena menganggap tulisan Anda sebagai referensi terbaik dari apa yang pengguna Google cari. Kami telah menulis beberapa artikel yang mudah dimengerti dan bagus untuk Anda pelajari. Kami sempat menulis panduan SEO copywriting dan bila Anda ingin mengetahui bagaimana perkembangan SEO 
  • Setelah Anda mengetahui apa saja yang harus Anda siapkan untuk menjadi penulis lepas, Anda tinggal melatih kemampuan menulis Anda dengan rajin menulis dan mulai mengirimkan tulisan Anda ke berbagai media online atau platform tulisan online yang ada.
    Berikut kami akan memberikan beberapa daftar website yang bisa Anda coba!
  • Mojok berisi tulisan-tulisan yang berupa opini soal fenomena atau peristiwa terkini. Biasanya, gaya penulisannya satir atau menghibur. Ketahui lebih lanjut soal media ini dengan mengunjungi website-nya langsung.
  • Homepage-IDN-Times-768x340
    IDN Times memiliki banyak pembaca muda dari kalangan millenial. Sistem pembayaran yang diberikan bukan berdasarkan jumlah tulisan namun berdasarkan jumlah pembaca. Ketahui lebih lanjut syarat dan ketentuannya dengan mengunjungi langsung website-nya.
    Nulis-Homepage-768x319
    Nulis ini merupakan website yang bekerjasama dengan grup dari media televisi nasional terkenal yaitu Trans Corp. Sistem pembayaran yang diberlakukan adalah dihitung dari seberapa banyak jumlah pembaca, sistem ini biasa disebut sebagai revenue sharing. Ketahui lebih lanjut soal Nulis dengan mengunjungi website-nya.
    Homepage-UC-News-768x431
    Media satu ini berafiliasi dengan perusahaan besar Alibaba dengan browser terkenal dan media UC News-nya. Setiap tulisan akan dicek oleh editor sebelum diterbitkan dan dibayar dengan menggunakan dollar berdasarkan jumlah pembacanya. Ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi website-nya.
    Homepage-Babe-768x327
    Bila Anda sering melihat iklan berupa cuplikan berita fenomenal atau sensasional baik di aplikasi smartphone atau di page website tertentu, kemungkinan besar iklan berita itu dari Babe. Ketahui lebih lanjut bagaimana ketentuan menulis di Babe dengan mengunjungi website-nya.
    • Mengisi Survey Online

    Sebenarnya ada banyak website di mana Anda bisa mengisi survey secara online dan mendapatkan uang. Namun, biasanya uang yang Anda dapatkan berupa Dollar dan juga dikirimkan dari akun rekening internasional. Dengan begitu, Anda perlu memiliki akun PayPal. Bagaimana cara untuk memiliki akun PayPal? Anda bisa membaca panduan PayPal yang kami buat sebelumnya.
    Setelah menyiapkan akun PayPal Anda, sekarang waktunya untuk mengunjungi website-website survey online yang berbayar. Ada banyak juga yang menyediakan form survey berbahasa Indonesia. Coba cari tahu lebih banyak dengan menggunakan mesin telusur semacam Google. Pada tulisan ini kami menyarankan satu website survey berbayar yang sudah terjamin keamanannya. Anda bisa terhindar dari berbagai virus/ malware atau juga hacker yang bisa mencuri data pribadi Anda demi kepentingan mereka yang melanggar hukum. Website tersebut adalah Panel Place.
    Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut soal panel survey ini, silakan berkunjung ke website mereka. Selanjutnya coba lihat ulasan-ulasan terkait panel ini yang beredar di internet. Anda juga bisa mencari-cari platform survey yang lainnya dengan melakukan penelusuran sendiri, namun saran kami adalah agar Anda berhati-hati. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, cobalah untuk menelusuri ulasan-ulasan yang ada dari pengisi survey di internet dan lihat apakah bayarannya masuk akal (tidak terlalu besar jumlahnya). Terakhir, Anda harus sadar, dengan mengisi survey-survey yang ada, info yang Anda berikan dapat digunakan berbagai perusahaan yang dapat pula mengetahui hal-hal soal Anda.
    • Mengelola Channel YouTube

    Anda pasti tahu beberapa YouTuber yang terkenal baik dari dalam maupun luar negeri. Raditya Dika yang kini terkenal di saluran televisi misalnya, ia memulai karirnya dari YouTube.
    YouTuber-Raditya-Dika-768x424
    Semua YouTuber itu tentunya mendapat penghasilan yang tak bisa dibilang sedikit dari hasil aktivitas online mereka yang kerap mengunggah video unik atau menarik sehari-hari. Apakah Anda juga ingin mendapat penghasilan melimpah seperti mereka? Sebenarnya, apa yang paling penting untuk Anda miliki jika ingin jadi YouTuber yang berpenghasilan adalah ide. Anda tak harus melulu seperti vlogger yang menampilkan aktivitas Anda sendiri. Anda bisa juga mencoba membuat video ilustrasi yang edukatif atau tayangan berupa cuplikan momen-momen menarik dari tayangan lain yang dikomentari sendiri. Sebelumnya, kami pernah membuat panduan yang lengkap soal cara menghasilkan uang dari YouTube . Ada ide-ide tayangan yang menarik untuk Anda buat pada channel YouTube Anda dalam artikel tersebut. Andapun tak perlu khawatir, dalam artikel tersebut kami juga memberikan langkah-langkah jelas yang up to date soal bagaimana cara monetisasinya. Jadi, tunggu apa lagi buat akun YouTube Anda sekarang juga dan mulai mengembangkannya!
    • Menjadi Online Freelancer

    Anda bisa juga menghasilkan uang di internet dengan cara bekerja lepas secara online. Tetapi bagaimana cara mencari orang yang mau memperkerjakan Anda? Ada cara yang paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan freelance di internet, yaitu dengan memasang profil Anda pada berbagai website lowongan kerja khusus freelance . Apa saja website-website yang terpercaya untuk mendapat pekerjaan lepas? Coba cek daftar yang telah kami buat berikut ini!
    Upwork-Homepage-768x328
    Klien atau pengguna dari website ini sudah mencapai angka lebih dari 1 juta pengguna. Pada website ini, Anda dapat merasakan kemudahan untuk mencari pekerjaan lepas yang tepat. Ada beberapa filter yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apa saja jenisnya? Ada yang berdasarkan lamanya jangka waktu proyek pekerjaan tersebut, mulai dari pendek hingga panjang bahkan per jam atau per proyek besar. Selain itu Anda juga dapat menyesuaikan kemampuan Anda pada beberapa tawaran kerja yang ada. Bayaran yang bisa Anda dapat sangat beragam. Mengingat ini adalah situs yang berlaku internasional, Anda mungkin saja mendapat bayaran yang jauh lebih besar dibandingkan gaji pekerjaan serupa di negara sendiri. Biasanya model pekerjaan yang banyak orang Indonesia cari adalah jasa menerjemahkan dokumen atau penerjemah pribadi ke Bahasa Indonesia dari bahasa asing.
    99Designs-Homepage-768x480
    Website yang satu ini dikhususkan bagi Anda yang bisa atau gemar mendesain. Anda dapat bergabung dengan 400.000 klien 99designs lainnya. Pada website ini disediakan pula berbagai kategori seperti logo dan identitas, desain web dan app, pakaian dan merchandise, dan masih banyak kategori produk desain lainnya yang bisa dikerjakan. Bagaimana cara kerjanya? Anda pertama-tama dapat membangun portofolio Anda dan data diri yang bisa membuat orang tertarik untuk memperkerjakan Anda. Kemudian Anda bisa memilih apakah Anda mau bekerja bagi orang-orang yang butuh desain kreatif sesuai budget, orang-orang yang mau membayar lebih tinggi bagi karya yang disukainya, bekerja untuk menarik desainer ahli atau bekerja hanya dengan desainer ahli lainnya. Ada kontes desain yang siap untuk Anda ikuti.
    • Menjual Barang Secara Online

    Anda pasti sudah awam dengan metode cari uang di internet yang satu ini. Untuk menjual barang secara online, hal utama yang harus Anda miliki tentunya adalah jasa atau produk yang bisa dijual. Lalu apakah Anda harus punya website sendiri untuk membuka toko online? Sebenarnya tidak perlu repot-repot. Anda bisa memanfaatkan berbagai website e-commerce yang sudah ada. Kami akan memberikan beberapa daftar situs e-commerce yang kami sarankan!
    Bukalapak-Homepage-768x333
    Berjualan di Bukalapak mudah, seperti pada situs e-commerce lainnya. Anda tinggal mengunggah gambar dan rincian produk setelah Anda berhasil mendaftar. Bukalapak juga punya aplikasi yang bisa diunduh pada perangkat Android dan dan iOS sehingga pembeli bisa lebih mudah bertransaksi.
    Tokopedia-Homepage-768x370
    Hampir sama seperti pada Bukalapak, Situs e-commerce yang sukses meraih kepercayaan para investor asing ini juga mudah digunakan baik oleh penjual atau pembeli.
    JD-ID-Homepage-768x385
    JD ID memiliki konsep yang cukup berbeda dari situs e-commerce yang lainnya. JD ID menjamin pembelinya untuk mendapat barang yang original atau asli. Hal ini memang sangat diharapkan oleh kebanyakan cunsomer karena mereka kadang kesulitan untuk membedakan mana barang atau produk yang asli dan tidak di timeline situs e-commerce mereka. Keaslian produk tak lagi dapat dilihat atau ditimbang keasliannya dari harga karena harganya serupa dan ulasan pembeli lainnya kadang tak juga membantu karena tidak tahu bagaimana cara membedakan produk asli dan palsu. Untuk mengetahui ara berjualan di JD ID, Anda dapat mengunjungi situsnya langsung.
    Shopee-Homepage-768x340
    Situs e-commerce ini memang menawarkan banyak promo dan penawaran menarik lainnya setiap saat bagi para pembelinya. Selain itu, ada fitur di mana Anda dapat mengajukan pengembalian uang bila produk yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi produk yang ditayangkan oleh penjual. Memang penggunanya kebanyakan adalah kelas ekonomi menengah ke bawah karena variasi produk yang banyak dijual di sini.
    Selain situs-situs tersebut, sebenarnya Anda dapat juga memanfaatkan media sosial Anda sendiri. Bagaimana caranya? Anda tinggal membuat akun media sosial dengan nama toko online Anda yang menarik dan logo brand Anda. Selanjutnya unggah berbagai jasa atau produk Anda di timeline dan beri keterangan yang terpercaya dan menarik. Pada media sosial semacam Instagram, Anda bisa memanfaatkan tagar tagar atau hashtag yang banyak dicari orang semacam #onlineshopmurah #trustedonlineshop dan sebagainya. Ketahui lebih lanjut soal cara mencari uang dari media sosial lainnya dengan membaca artikel kami lainnya. Kami pernah membuat panduan yang cukup lengkap soal cara mencari uang dari Facebook .
    • Menjadi Blogger

    Untuk menjadi blogger, sebaiknya Anda memiliki website dan kalau bisa menggunakan alamat website sendiri. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa tulisan atau konten postingan Anda harus bisa masuk ke halaman pertama mesin penelusur. Mengapa? Agar banyak pengunjung website Anda dan semakin banyak pengunjung, pasti banyak orang yang tertarik memasang iklan di website Anda atau berafiliasi dengan Anda. Inilah yang biasa disebut sebagai Search Engine Optimization (SEO). Menjadi blogger mungkin terdengar cukup merepotkan bagi Anda, namun dengan adanya berbagai layanan yang memudahkan di internet kini Anda tak perlu repot-repot lagi. Contohnya saja, untuk mengurus SEO website Anda, Anda tinggal menggunakan layanan panduan SEO yang mudah digunakan. Tak semua menggunakan bahasa Inggris atau internasional, ada layanan SEO tool rankingCoach yang tersedia dalam bahasa Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut cara mencari uang dari blog , Anda bisa baca artikel kami sebelumnya.
    • Menjual Aplikasi atau E-book di Google Play Store

    Berikut adalah cara menjual aplikasi di Android:
    • Anda harus terlebih dahulu masuk ke halaman web ini play.google.com/apps/publish
    • Anda akan diminta untuk login menggunakan akun Google yang sudah Anda miliki, jika belum memilikinya maka harus mendaftar terlebih dahulu.
    • Kemudian Anda akan masuk ke bagian “Accept Developer Agreement”. Centang kotak persetujuan perjanjian setelah kamu membaca detail perjanjian yang ditunjukkan.
    • Setelahnya Anda harus isi detail kartu kredit yang akan digunakan untuk membayar biaya registrasi sebesar $25 (sekitar Rp. 260.000). Biaya registrasi ini hanya perlu dibayar sekali saja untuk dipakai seterusnya.
    • Setelah detail kartu kredit terverifikasi dan pembayaran sudah dilakukan, Anda akan diminta untuk melengkapi detail dari akun Anda.
    • Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk mengunggah aplikasi dan lain-lain.
    Untuk cara menjual e-book di Google Play Store, Anda tinggal mengikuti panduan dari Google .

    Simpulan

    Ada banyak cara yang legal secara hukum dan cukup mudah untuk dilakukan demi mendapatkan uang dari aktivititas di internet. Sekarang, tinggal Anda yang memilih mau mencoba yang mana atau bahkan mencoba semuanya. Seluruh kegiatan yang disebutkan di atas memungkinkan untuk dijadikan pekerjaan sampingan sehingga tidak mengganggu pekerjaan utama yang sekarang sedang Anda jalankan . Namun, Anda tetap harus berhati-hati atas penawaran-penawaran yang ada di internet. Hal ini karena ada banyaknya penipuan yang mengiming-imingi uang pada pengguna untuk klik dan memasukkan data pribadi, padahal yang terjadi adalah pencurian data atau bisa jadi perangkat Anda terkena virus. Semoga artikel ini membantu ya!