Bagaimana memulai bisnis fashion, Ini Solusinya
source image: istockphoto.com
Bagaimana memulai bisnis fashion, Ini Solusinya
Ada banyak cara untuk memulai bisnis fashion. Metode rata-ratanya sama, tetapi tingkat keberhasilannya mungkin berbeda dari orang ke orang.
Meskipun memulai bisnis fesyen Anda sendiri dapat menjadi tantangan, berkat e-commerce dan pemasaran online, merek khas Anda yang dimulai dengan toko online kecil hari ini dapat menjadi merek pakaian yang dicintai secara nasional.
Silahkan simak setiap langkahnya dari Bisabisnis berikut ini.
Memulai bisnis fashion membutuhkan banyak usaha.
Masalah dan tantangan juga akan selalu ada, tetapi dengan beberapa tips bisnis di bawah ini, Anda akan memiliki modal intelektual dan strategi yang mumpuni.
1. Lakukan riset produk
Sebelum memulai bisnis apa pun, Anda harus melakukan riset. Merek pakaian yang sukses tidak ditentukan oleh apa yang ingin Anda jual, tetapi oleh permintaan pasar.
Anda harus tahu bahwa pasar fashion selalu berubah, tidak hanya setiap tahun tetapi setiap minggu. Jika Anda ingin bisnis Anda sukses, Anda harus selalu mengikuti perkembangan dunia fashion.
Cari tahu apa yang sedang tren dengan memeriksa tren atau kebutuhan saat ini di Google Trends, media sosial, atau survei online.
Riset produk juga akan membantu Anda mengembangkan ide-ide baru.
2. Ketahui target pasar Anda
Langkah ini hampir sama dengan langkah pertama. Tujuannya tidak hanya untuk menentukan garmen apa yang harus dimiliki, tetapi juga target pasar dari produk tersebut.
Lagi pula, pakaian yang paling indah tidak ada gunanya tanpa pelanggan potensial.
Agar merek pakaian Anda berkembang, Anda perlu meneliti pasar lokal dan perilaku konsumen.
Gunakan riset produk ini untuk menentukan target pelanggan Anda, tentukan pola pikir mereka, cari tahu gaya pakaian apa yang mereka sukai, sebagian besar ukuran dan warna yang mereka inginkan, pola, harga, dan bahkan lokasi utama target Anda.
Akhirnya, Anda dapat memberikan item yang sesuai.
3. Periksa Pesaing Bisnis
Mengidentifikasi pesaing adalah bagian penting dari riset pasar awal Anda.
Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara, seperti mengunjungi situs web/media sosial pesaing, memeriksa ulasan pelanggan, mengunjungi butik/toko fisik, membandingkan harga dan kualitas, mempelajari cara berpromosi, dll.
4. Kembangkan rencana bisnis
Rencana bisnis adalah panduan yang akan Anda gunakan untuk memulai bisnis Anda.
Konten mencakup pengamatan dan analisis pasar, deskripsi merek dan produk, strategi pemasaran, lokasi toko/butik, permodalan, strategi pemasaran/penjualan, dan pelaporan keuangan.
5. Siapkan anggaran
Bisnis fashion membutuhkan modal awal yang tidak sedikit.
Jika tabungan pribadi Anda masih belum mencukupi, Anda dapat mencoba meminjam dari keluarga/teman/saudara, atau mengajak mereka untuk bergabung dengan Anda. Bisa juga mencari investor dari luar.
Setelah Anda memiliki dana, jangan lupa untuk menyimpan pembukuan keuangan Anda setiap saat, mulai dari bahan baku, biaya produksi, biaya pembuatan situs dan fotografi produk, biaya iklan, gaji karyawan, dll.
6. Siapkan produk
Ini adalah kesempatan bagus untuk berbagi semua kreativitas Anda.
Koleksi pertama yang Anda terbitkan akan memberi tahu Anda banyak hal tentang Anda sebagai seorang desainer, jadi pastikan untuk membuat sesuatu yang mencerminkan siapa Anda tetapi juga dapat diterima oleh klien Anda.
Pada saat yang sama, pikirkan secara praktis, apa pun yang Anda desain harus diproduksi dengan cara yang hemat biaya namun berkualitas tinggi.
7. Desain Logo Merek
Pilih nama merek dan desain logo yang menggambarkan penampilan Anda dan menarik bagi target pasar Anda.
Misalnya, Anda dapat memilih nama merek berdasarkan usia calon pelanggan Anda, seperti Fish & Kids.
8. Pemotretan Produk
Meskipun setiap bidikan berbeda, ada beberapa aspek inti yang tidak boleh Anda lewatkan:
Temukan inspirasi dari internet, kumpulan majalah mode, atau katalog pesaing
Pilih model yang sesuai. Tidak harus model profesional, bisa jadi teman/kerabat Anda yang berbakat dan fotogenik, atau diri Anda sendiri
Sesuaikan tampilan model Anda dengan gaya rambut dan riasan yang sesuai dengan merek Anda
Pilih lokasi yang ideal, seperti taman, dalam ruangan, pinggir jalan, dll.
Berkolaborasi dengan fotografer fashion
9. Situs web toko online
Hampir setiap orang memiliki gadget saat ini dan menggunakan internet setiap hari. Faktanya, lebih dari 80% konsumen membeli pakaian dari toko online.
Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk memasarkan produk Anda melalui website.
Untuk meyakinkan calon pembeli, website Anda harus menarik dan profesional, dengan profil perusahaan, alamat, katalog produk, dan informasi kontak Anda.
10. Peluncuran produk
Biar D-Day bukan Airbus dan buat promosi sebelum tayang.
Misalnya ada diskon soft opening, penawaran khusus untuk 50 pembeli pertama, beli satu gratis satu, beli topi atau aksesoris lainnya gratis, gratis ongkos kirim, gratis voucher, dll.
11. Promosi online
Sebagai merek pakaian baru, sebaiknya fokus pada pemasaran internet di berbagai media sosial dan situs web Anda.
Dimungkinkan juga untuk menawarkan pakaian atau aksesori kepada artis untuk ditinjau, atau memberikan diskon pada hari-hari tertentu.
Juga, pikirkan beberapa ide unik untuk pemasaran offline, seperti berpartisipasi dalam acara amal atau komunitas dengan membagikan kaos bermerek Anda.
Memulai bisnis tidak pernah mudah, tetapi selalu ada peluang.
Meskipun harus banyak trial and error, dengan rencana dan pendekatan yang tepat, bisnis Anda akan terus berkembang. Gunakan 11 cara di atas untuk memulai bisnis fashion sebagai panduan untuk membangun model bisnis fashion Anda sendiri.
Posting Komentar untuk "Bagaimana memulai bisnis fashion, Ini Solusinya"