Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Dominasi Bitcoin Menguat Saat Harga Altcoin Turun


Dominasi Bitcoin Menguat Saat Harga Altcoin Turun

Dominasi Bitcoin menyentuh level tertingginya dalam dua tahun terakhir. Peningkatan dominasi Bitcoin terjadi saat pasar altcoin secara kompak mengalami penurunan harga yang diakibatkan oleh sentimen negatif pemberitaan pertukaran kripto di AS.

Dominasi Bitcoin Menguat
Menurut data Tradingview, persentase dominasi Bitcoin berdasarkan total kapitalisasi pasar kripto hampir menyentuh angka 50%. Pada 10 Juni, dominasi Bitcoin terendah sebesar 48,2% dan tertinggi mencapai 49,66%. Saat ini dominasi Bitcoin masih terpantau di kisaran angka yang sama yaitu 49,36% pada 12 Juni pukul 15.30 WIB.


Persentase dominasi ini memberi gambaran mengenai seberapa besar pengaruh Bitcoin dalam pasar kripto. Ketika dominasi Bitcoin tinggi, hal ini menunjukkan bahwa Bitcoin memiliki nilai yang signifikan dan banyak investor mengalokasikan sebagian besar investasi mereka pada Bitcoin.

Dominasi Bitcoin terus meningkat sejak November dan mengalami lonjakan yang signifikan selama krisis perbankan AS pada bulan Maret.

Menurut Manajer Portofolio dari Decentral Park Capital Lewis Harland, indikator dominasi Bitcoin saat ini menunjukkan tren keluar dari pola osilasi yang biasanya terjadi selama tiga tahun terakhir. Hal ini menandakan, Bitcoin memiliki kinerja yang kuat dalam beberapa bulan mendatang.

Selain itu, stablecoin terbesar yang nilainya dipatok dengan dolar diperkirakan akan mengalami peningkatan dominasi. Hal ini mungkin disebabkan oleh para investor yang mencari perlindungan terhadap risiko. Menurut Tradingview, persentase dominasi Tether melonjak dari 5% menjadi 7,82%, ini merupakan level tertingginya sejak 8 Januari.

Peningkatan dominasi Bitcoin terjadi di tengah aksi jual altcoin secara besar-besaran. Perusahaan investasi Scimitar Capital dilaporkan telah melikuidasi aset kripto senilai US$2 miliar pada 10 Juni.

Our fund has made the strategic decision to liquidate our crypto holdings and return the capital to our esteemed LPs. We believe this move will provide enhanced stability and opportunities

Menurut data Coinglass, total likuidasi pada 10 Juni mencapai US$423,6 juta dengan posisi short (jual) US$74,71 juta dan posisi long (beli) US$348.947 juta.


Aksi jual itu menyebabkan harga sejumlah kripto populer mengalami penurunan dalam sepekan, di antaranya Solana/SOL (-27,9%), Polygon/MATIC (-28,5%), Cardano/ADA (-25,1%), Polkadot/DOT (-15,1%), Binance Coin/BNB (-24,6%), dan sebagainya. Sementara itu, Bitcoin hanya turun di kisaran 3-5% dalam sepekan.

Tanggapan CEO Binance Soal Penurunan Harga Altcoin

CEO Binance Changpeng Zhao mengatakan sulit untuk menentukan faktor tunggal mengapa pasar kripto naik atau turun. Menurutnya, pergerakan harga pasar kripto dipengaruhi oleh banyak penjual dan pembeli dengan alasan masing-masing.

Misalnya, rencana delisting token senilai US$1,3 miliar oleh Robinhood, tindakan penegakan hukum di AS, atau penyambutan pasar kripto oleh parlemen Hong Kong.

Why is the market is going up or down? No one really knows. A lot of people claim to know, and can often pin it on a single (often wrong) reason. In reality, there are many sellers and buyers in a market, everyone may have their own reasons. A few examples.

Kesimpulan

Ketika dominasi Bitcoin meningkat dan terjadi penurunan harga pada altcoin, hal ini mungkin menunjukkan bahwa beberapa investor memutuskan untuk beralih dari altcoin dan memindahkan aset mereka ke Bitcoin. Investor mungkin melihat Bitcoin sebagai pilihan yang lebih stabil atau likuid dalam kondisi pasar yang tidak pasti.

Posting Komentar untuk "Dominasi Bitcoin Menguat Saat Harga Altcoin Turun"