Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mulai Buka Usaha Cuci Sepeda Motor


New BisnisBisnis usaha cuci sepeda motor termasuk bisnis jasa yang sangat dibutuhkan oleh para pengendara motor. Berikut ini beberapa tips dari saya:

1. Dalam pengelolaan bisnis ini Anda memang harus memberikan kepercayaan kepada tim bisnis Anda. Buatlah SOP (standar operasional prosedur) dan latihlah tim bisnis agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan Anda sesuai SOP yang sudah disepakati.

Anda bisa mengontrol mereka dengan prosedur yang ada, sehingga mereka benar-benar menjalankan prosedur tersebut dengan baik. SOP bisa Anda buat dari hal-hal terkecil dan rutin sehingga Anda bisa mempercayai mereka dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari. Berikan mereka reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) yang tertuang dalam kontrak kerja.

2. Buatlah sistem yang bisa membuat Anda mengontrol jalannya usaha dengan mudah. Gunakan teknologi yang ada seperti CCTV, sistem pembukuan yang berbasiskan smartphone, sistem pelayanan dan pengaduan pelanggan, sistem database pelanggan dan lainnya.

3. Sebagai pemimpin usaha, kita juga harus memberikan contoh kepada mereka dalam pekerjaan, sehingga mereka akan menghormati Anda. dan sebagai pemilik usaha, kita juga perlu dekat dengan mereka, membangun komunikasi yang baik sehingga bisa memberikan rasa saling memiliki usaha dan saling mempercayai.

BACA JUGA:  Peluang Usaha Online

4. Sampaikanlah kepada mereka tentang visi dan misi usaha Anda, sehingga mereka mengetahui dan bisa sejalan dengan Anda. Serta juga perlu dibuat budaya kerja yang bisa disepakati bersama sehingga mereka nyaman dalam bekerja. 

Budaya kerja yang tidak kita bangun sejak awal, akan membuat para karyawan merasa apa yang mereka lakukan, seperti :datang telat, melayani pelanggan dengan tidak ramah, melakukan pemborosan dan lain-lain; akan menjadi kebiasaan dan menjadi budaya. Maka dari awal siapkan budaya kerja yang kita inginkan untuk kemajuan usaha.

5. Usaha jasa cuci motor juga ada stok barangnya yang habis terpakai seperti : sabun, air, kain pengelap, cairan semir ban dan lain-lain. Stok-stok tersebut harus dikelola juga dengan baik karena jika ada pemborosan akan membuat Anda merugi. Di bisnis jasa cuci motor, Anda juga bisa menjual produk sebagai tambahan pendapatan Anda, seperti minuman, snack, aksesoris motor, helm, jaket motor dan lain-lain.

Demikian tips dari saya, semoga sukses untuk usaha cuci motornya.

Posting Komentar untuk "Tips Mulai Buka Usaha Cuci Sepeda Motor"