Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Usaha Sampingan Untuk Bidan Dan Perawat, Usaha Sangat Menjanjikan

fokuskan.com Usaha sampingan untuk bidan - menjadi profesi seorang perawat atau juga bidan memang mempunyai waktu kerja yang bisa dibilang tidak fleksibel, contohnya jika hari ini masuk pagi, maka besok masuknya siang, begitu juga sampai lusa. Pastinya jadwal kadang berubah-ubah. Nah tentunya model shift kerja seperti ini pasti membutuhkan stamina dan juga manajemen waktu yang baik, apalagi anda memiliki keluarga.

Bagi mereka yang bergelut di bidang perawat pastinya sistem kerja yang diberikan terbilang cukup tinggi, apalagi pekerjaan yang dilakoni tersebut belum sepenuhnya mendapatkan apresiasi dari pemerintah maupun pihak swasta pemilik rumah sakit.

Bahkan juga ada beberapa bidan/perawat yang mengeluh hanya mendapatkan upah dibawah UMR, mereka yang menerima bayaran seperti itu kadang pula hanya sebagai THL atau sering disebut juga sebagai tenaga harian lepas pada puskesmas-puskesmas tertentu.

Mengetahui upah yang diberikan dengan beban kerja yang sangat lumayan tinggi untuk memenuhi kewajiban atau amanat dari organisasi, tentunya menurut saya ini adalah profesi yang cukup memberatkan sekali, apalagi ada perpanjangan STR.

Hal ini pastinya tidak menyulitkan calon mahasiswa maupun mahasiswi baru yang mendaftarkan diri mereka pada jurusan keperawatan.

Harapan semua calon mahasiswa ialah harus bekerja setelah lulus nanti, ini tidak ada salahnya memiliki mindset dalam bekerja, bahkan tidak memandang untung maupun rugi, melainkan menjadi seorang perawat atau hidan adalah persoalan panggilan hati.

Sekarang anda sudah mengetahui semua problematika dalam bidang profesi perawat, nah untuk mencukupi kebutuhan finansial hariannya maka anda perlu mencari usaha sampingan yang bisa dilakoni oleh seorang bidan, apalagi anda saat ini sudah berumah tangga.

Beberapa bisnis untuk bidan yang saya ulas dibawah ini memang tidak terlalu menyita waktu anda, tentunya sangat cocok dalam meraup keuntungan. Bila penasaran langsung saja simak...

Usaha sampingan untuk bidan atau perawat


1. Membuka praktek mandiri


Mempunyai keahlian di bidang medis tentunya bisa anda manfaatkan dengan baik salah satunya ialah membuka usaha sampingan praktek mandiri di rumah anda, nah perlu diketahui bahwa untik saat ini perawat ternyata bisa membuka prakter dirumah layaknya bidan lainnya.
Usaha praktek mandiri
Berdasarkan undang-undang yang berlaku no 38 tahun 2014 yang sudah ditetapkan oleh Presiden terdahulu Susilo Bambang Yudoyono, seorang perawat bisa membuka usaha mereka sendiri yakni praktek mandiri di rumah bahkan juga bisa dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

Baca Juga: Situs Web Kerja Online Gaji Penghasil Pulsa Gratis Tercepat 2019

Harapan ini sebagai upaya untuk mendapatkan penghasilan sampingan bagi seorang bidan atau perawat.

Tahukah anda bahwa dalam membuka praktek keperawatan terrnyata berbeda sekali dengan praktik yang dilakukan dokter pada umumnya. Lantas praktik apakah yang bisa dilakukan, silakan simak dibawah ini :

 mempunyai definisi :


Definisinya mencakup mengenai asuhan keperawatan, nah arti asuhan disini ialah semua rangkaian antara interaksi perawat dengan klien yang tujuannya mencapai pemenuhan kebutuhan maupun kemandirian terhadap klien dalam proses merawat diri mereka.

Nah sekarang anda sudah tahu mengenai asuhan keperawatan, hal ini juga dapat memberikan anda terhadap pelayanan layaknya klinik perawatan luka modern pada umumnya, melengkapi dalam fasilitas pemberian nutrisi entah itu bisa melalui tirah baring, dan masih ada banyak lagi sesuatu yang dapat anda lakukan terhadap praktek mandiri tersebut.

2. Menjadi penulis


Jangan salah, ternyata menjadi seorang penulis artikel itu bisa dibilang sangat menjanjikan sekali, walaupun sekarang ini anda berprofesi sebagai dokter ataupun perawat. Nah jika ada banyak waktu luang, alangkah baiknya manfaatkan waktu tersebut dengan menggeluti bidang tulis menulis.

Setiap artikel yang bisa diselesaikan oleh seorang penulis mampu dibayar hingga Rp. 20.000, itu semua tergantung dari seberapa sulit konten yang di buat dan juga seberapa banyak kata yang dibutuhkan.
Mencari job menulis

Mencari job menulis
Tempat mencari job menulis bisa lihat di sribulancer.com atau freelancer.com, atau bisa juga menjual tulisan anda di forum forum internet.

Tidak hanya itu saja, bagi mereka yang mempunyai keahlian menulis, hal ini pastinya bisa manfaatkan dengan cara membuat blog kategori kesehatan, lalu di dalam blog tersebut berisi artikel seputar kesehatan.

Anda bisa memasang iklan melalui jaringan periklanan google adsense, bila blog tersebut ramai akan kunjungan visitor, maka silakan saja lakukan optimasi iklan agar dapat meraih pundi-pundi uang.

Dalam membuat blog juga disini anda harus mengerti tentang dunia SEO..silakan pahami lebih lanjut di google jika berminat membuat blog

" kekurangannya butuh waktu lama dalam menghasilkan uang jika mindset nya dari Google Adsense"

2. Jualan produk


Saya yakin, anda pasti sudah sangat mengerti sekali tentang dunia jualan online. Bila profesi sebagai dokter, saran saya alangkah baiknya jual saja produk yang berkaitan erat dengan profesi anda saat ini.

Contohnya menjual produk kecantikan, suplemen sehat, alat kesehatan, make up, dan lain sebagainya. Ada dua cara yang bisa anda tempuh agar bisa berjualan online tanpa mengeluarkan modal besar.

- Reseller


( membeli produk orang lain lalu menjualnya kembali ) itulah konsep cara kerjanya, pertama carilah distributor atau supplier yang tepat dengan tawaran harga menarik bagi reseller, jika sudah, silakan anda beli beberapa paket produk ( pastinya disini harga jauh lebih murah )

... setelah itu jual kembali kepada konsumen dengan harga yang sudah anda tentukan sendiri. Contoh produk yang saya sarankan adalah obat diet, produk kecantikan, suplemen kesehatan, hingga pakaian.

- Dropship


Konsepnya agak berbeda dengan reseller, namun kelebihannya disini anda tidak perlu mengeluarkan modal sepersenpun, sebelumnya dropship yakni anda cukup menjual produk orang lain dengan media gambar, lalu harganya tinggal anda tentukan sendiri.
Konsep dropship
Pembeli akan order dan transfer dana kepada anda sesuai harga jual, lalu data pembeli beserta harga jual yang asli tadi anda masukan ke pembelian supplier, setelah itu supplier akan mengirimkan produk kepada pembeli anda.

Keuntungan bebas menjadi hak milik anda sendiri, jika harga dari supplier Rp. 40.000, silakan anda jual kepada orang lain senilai Rp. 70.000, nah setiap satu orang yang membeli, maka margin profitnya Rp. 30.000

Lumayan sekali bukan😁...

Memang hasil yang kita dapatkan sangat beragam sekali, kadang besar bahkan kadang juga kecil, itulah yang namanya bisnis online, semua itu tergantung dari seberapa banyak konsumen yang bisa anda jaring.

Tetapi untuk segi bisnis ini masih ada kekurangannya, pertama sangat sulit dalam manajemen waktu, dan yang kedua ialah tidak adanya kontrol waktu untuk menjawab berbagai macam pertanyaan dari pembeli, mengingat anda adalah seorang dokter/perawat yang sibuk dengan pekerjaan.

Jika berminat, maka tidak ada salahnya untuk mencoba usaha sampingan ini.

3. Bekerja di fasilitas kesehatan yang lain


Perlu di ingat bahwa arti dari bekerja di fasilitas kesehatan lain disini berarti anda mencari pekerjaan sampingan di luar dari pekerjaan utama, namun masih di fasilitas kesehatan yang sama.
Usaha sampingan untuk dokter
Kategori pekerjaan ini menurut saya terbilang sangat cocok sekali bila dilakoni untuk mereka yang mempunyai keterampilan khusus pada bidang perawat ruang hemodialisa, terutamanya bisa mendapat ijin langsung dari tempat ia bekerja sekarang ini.

Ada banyak sekali orang diluar sana yang membuka layanan seperti tindakan klinik hemodialisa, pastinya ini membutuhkan keahlian khusus untuk melayani semua klien-klien mereka. Jika profesi seoraang dokter dapat menekuni pekerjaan ini, mengapa perawat tidak bisa ?...

4. Usaha pembiakan hewan


Hobi memelihara hewan, nah menggeluti usaha pembiakan hewan sangat menjanjikan sekali untuk anda coba, karena ini dapat menambah pundi-pundi rupiah tiap harinya.

 Bisnis ini tidak harus ahli dalam ilmu medis kehewanan, tetapi bagi mereka yang tidak tau ilmu tersebut tetap saja bisa membuka usaha pembiakan hewan.
Usaha pembiakan hewan
Pada dasarnya ada banyak sekali jenis hewan yang dapat anda pelihara, contohnya yang memiliki nilai jual tinggi ialah kucing, anjing, hamster, burung murai batu, hingga kelinci. Semua jenis hewan tersebut jika dirawat dengan benar akan mempunyai tawaran harga fantastis.

Baca Juga: Situs Penghasil Uang Rupiah Tanpa Modal Tercepat 2019

Kunci kesuksesan usaha ini harus berawal dari hobi anda tentang dunia hewan, sangat sulit bila tidak berdasarkan hobi dan minat. Tidak hanya pengembangbiakan hewan saja, tetapi bisa menyangkut menjual makanan hewan, suplemen hewan, hingga jasa adopsi bisa anda lakoni.

5. Usaha kuliner


Bingung memilih usaha apa yang cocok ? Saran saya bila anda mempunyai modal yang cukup, silakan saja buka usaha kuliner, karena ini sangat menjanjikan sekali bahkan jenis bisnis ini tidak ada matinya, cocok bagi perawat ataupun dokter.

Menggeluti di bidang kuliner memang diharuskan untuk mempunyai modal, bahkan lokasi juga harus dipertimbangkan sekarang juga, hal ini berlaku bila ingin menyewa tempat.
Usaha kuliner perawa
Tetapi...mengingat profesi kedokteran maka saran saya mulailah bisnis kuliner dengan membuat kemasan produk makanan sehat, karena ini cocok dilakoni untuk anda, contohnya seperti :

- menjual abon ( daging ayam, sapi, ikan, dll )
- olahan kripik pisang
- kripik ubi atau tempe
- snack sehat, dan lain-lain

Jual saja produk anda tersebut ke internet, atau bisa tawarkan ke rekan kerja. Jika produk makanan itu enak, tentunya orderan bisa semakin bertambah, sebab adanya tawaran mulut ke mulut.

Bila tidak ingin repot, membangun branding usaha dari nol, silakan saja bergabung bersama franchise maupun waralaba, saat ini sudah ada banyak orang yang membuka jasa waralaba, jadi anda tidak perlu repot menyiapkan perlengkapan usaha.

7. Usaha penyewaan alat medis


Tahukah anda bahwa saat ini ada banyak sekali kebutuhan tentang dunia medis bagi banyak orang, tentunya alat medis ialah hal yang di andalkan. Nah ini bisa menjadi ide terbaik dalam mendapatkan uang sampingan, silakan buka saja jasa penyewaan alat-alat medis di rumah anda.

Untuk perlengkapan alat medis memang terbilang cukup banyak sekali, biasanya yang sering dicari orang ialah alat glucometri, tabung oksigen, sunt!k, serta alat bantu lainnya untuk pelanggan dalam kategori sulit berjalan dalam waktu yang cukup lama.

Penutup


Itulah artikel yang sudah saya tulis mengenai usaha sampingan untuk bidan maupun perawat, beberapa poin yang sudah di paparkan bisa menjadi salah satu referensi anda nantinya. Terima kasih

Posting Komentar untuk "7 Usaha Sampingan Untuk Bidan Dan Perawat, Usaha Sangat Menjanjikan"