Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Surat Lamaran Yang Baik Dan Benar Agar Dapat Di Terima Dengan Cepat


New Bisnis21,  Seperti yang Anda ketahui, surat lamaran kerja merupakan pintu pertama untuk mendapatkan pekerjaan. Semakin baik surat lamaran yang dibuat, semakin besar peluang Anda melangkah ke tes berikutnya.
Sayangnya, dari sejumlah surat lamaran yang dikirimkan ke beberapa perusahaan, Anda belum menerima satu panggilan pun. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah surat lamaran pekerjaan Anda belum baik dan benar di mata personalia perusahaan.
Saya percaya kondisi ini membuat Anda marah, resah, dan lelah. Namun, mohon jangan menyerah.
Anda bisa membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Untuk tujuan tersebut, lakukan tahap-tahap berikut.

1. Cermati iklan lowongan kerja

Langkah pertama adalah mencermati iklan lowongan kerja yang memuat posisi yang Anda incar. Iklan lowongan kerja tersebut mungkin Anda dapatkan dari media cetak atau situs lowongan kerja Indonesia.
Apa pun sumbernya, baca dengan teliti tanggung jawab dan kualifikasi yang diminta pengiklan. Dengan demikian, Anda tidak salah informasi yang bisa berdampak fatal pada surat lamaran kerja yang akan dibuat.

2. Identifikasi keterampilan Anda yang relevan

Setelah mencermati iklan lowongan pekerjaan, identifikasi pengalaman kerja dan keterampilan Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
Tulis garis besar pengalaman dan keterampilan tersebut dalam kertas kosong atau buku saku Anda sehingga Anda tidak lupa. Jika memungkinkan, kumpulkan dokumen atau sertifikat yang mendukung pengalaman dan keterampilan Anda tersebut.

3. Ketahui komponen surat lamaran kerja

Langkah ketiga adalah mengetahui komponen surat lamaran kerja. Umumnya, surat lamaran pekerjaan terdiri dari tujuh komponen, yaitu:
a) Kepala Surat – Kepala surat (heading) umumnya terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, dan email Anda. Letaknya di sebelah kanan.
b) Tanggal – Setiap surat harus memiliki tanggal. Urutan tanggal dalam bahasa Indonesia adalah hari, bulan, dan tahun (misal 11 Januari 2015).
Sementara itu, urutan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris adalah bulan, hari, dan tahun. Sebelum tahun disisipkan tanda baca koma (contoh January 11, 2015).
c) Alamat yang Dituju – Komponen ini biasanya berupa nama dan divisi yang dituju, berikut nama serta alamat perusahaan. Penulisannya dalam bentuk lurus (block format) yang diletakkan di sisi kiri.
d) Salam Pembuka – Salam pembuka umum dipakai dalam semua jenis surat. Biasanya salam pembuka berupa ‘Dengan hormat,’ (dalam bahasa Indonesia) atau ‘Dear Sir/Madam,’ (dalam bahasa Inggris).
d) Tubuh Surat – Tubuh surat merupakan komponen utama surat lamaran pekerjaan. Komponen ini umumnya berisi empat paragraf.
Paragraf pertama berisi posisi yang Anda lamar dan sumber informasi lamaran. Paragraf kedua dan ketiga menjelaskan alasan mengapa Anda merasa mampu dan layak menempati posisi tersebut. Sementara itu, paragraf keempat berisi ungkapan rasa terima kasih dan harapan Anda.
e) Salam Penutup – Salam penutup diletakkan di bagian surat lamaran Anda. Salam ini umumnya berupa ‘Hormat saya,’ (dalam bahasa Indonesia) atau ‘Sincerely,’ (dalam bahasa Inggris).
f) Blok Tanda Tangan – Blok tanda tangan terdiri dari tanda tangan asli dan nama Anda yang diketik dengan menggunakan komputer.

Baca Juga:  5 Tips Sukses Memulai Bisnis Dari Awal

4. Ketik surat lamaran kerja Anda

Langkah keempat adalah mengetik surat lamaran kerja Anda dengan menggunakan komputer atau laptop. Di zaman sekarang ini, rasanya sudah tidak relevan lagi membuat surat lamaran kerja untuk perusahaan bonafid dengan mengetiknya di mesin ketik atau menulisnya di kertas.
Jangan khawatir bila Anda tidak punya komputer atau laptop. Anda bisa ke rental komputer atau warung internet untuk mengetik surat lamaran Anda.

5. Baca ulang surat lamaran kerja yang dibuat

Langkah terakhir adalah membaca ulang surat lamaran kerja yang baru Anda buat. Lakukan minimal 3 kali sehingga Anda bisa melihat apakah surat lamaran yang Anda buat itu sudah benar atau belum.
Selain itu, aktivitas ini juga akan membantu Anda mengindentifikasi salah ketik yang bisa merugikan surat lamaran kerja Anda.

Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia

Masih bingung tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? Jangan khawatir.
Di bawah ini saya berikan contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia untuk posisi accounting staff.
PT Maju Mundur Lestari, sebuah perusahaan perkilanan dan percetakan di Jakarta, membutuhkan tenaga profesional untuk mengisi posisi berikut:
Accounting Staff (AS)
Tanggung Jawab :
  • Melaksanakan dukungan, analisis, dan pelaporan akunting untuk perusahaan
Kualifikasi :
  • Pria /Wanita
  • D3/S1 dengan pengalaman minimal 2 tahun
  • Berpengalaman di bidang pemodelan finansial, cash flow, dan penganggaran
  • Bisa mengoperasikan Microsoft Office
  • Fasih berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris
  • Mampu bekerja di bawah tekanan
  • Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  • Usia di bawah 30 tahun
Kirim surat lamaran kerja, CV, foto kopi KTP, dan foto 4×6 terbaru dalam 2 minggu setelah iklan ini terbit ke:
Departemen Personalia
PT Maju Mundur Lestari
Jl. Lebak Bulus No. 00A
Jakarta 00000
Contoh surat lamaran kerja untuk posisi yang tercantum pada iklan di atas adalah:
Farhad Babas Susanto, S.E.
Jl. Merengkuh Raya No. 000
Semarang 00000
Hp. 0813000000
Farhat.bs@gmail.com
Semarang, 4 Oktober 2015
Departemen Personalia
PT Maju Mundur Lestari
Jl. Lebak Bulus No. 00A
Jakarta 00000

Dengan hormat,
Saya bermaksud melamar posisi Accounting Staff yang Anda iklankan di Kompas pada 30 September 2015.
Saya merasa memenuhi semua persyaratan yang tertera di iklan lowongan kerja Anda. Dengan pengalaman kerja di bidang akunting selama lebih dari dua tahun, saya menawarkan keuntungan pada persuahaan Anda. Saya mampu mengoperasikan software terkait akunting, seperti MS Word, MS Excell, Zahir, dan Accurate. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman dalam akunting umum, pemrosesan payroll, analisis dan pengumpulan data finansial, aktivitas perbankan, dan pelaporan pajak. Kekuatan pengalaman finansial saya terdiri dari penganggaran, pelaporan, pengauditan, dan pengelolaan anggaran tahunan.
Untuk pertimbangan lebih lanjut Anda, saya lulusan S1 Akunting dari Universitas Indonesia. Saya seorang pekerja keras, fasih berkomunikasi dan menulis dalam bahasa Inggris, bertanggung jawab, dapat dipercaya, dan mampu bekerja di bawah tekanan.
Terima kasih atas perhatian Anda. Saya menanti kabar selanjutnya dari Anda.
Salam,
Farhad Babas Susanto, S.E.

Baca Juga: Tips Mulai Buka Usaha Cuci Motor

Contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris

Jika ditulis dalam bahasa Inggris, contoh surat lamaran kerja di atas menjadi seperti ini:
Farhad Babas Susanto, S.E.
Jl. Merengkuh Raya No. 000
Semarang 00000
Hp. 0813000000
Farhat.bs@gmail.com
Semarang, October 4, 2015
Departemen Personalia
PT Maju Mundur Lestari
Jl. Lebak Bulus No. 00A
Jakarta 00000
Dear Sir/Madam,
I would like to apply for the post of Accounting Staff which you have advertised in Kompas on September 30, 2015.
I believe I meet all the requirements listed in your advertisement. With over two years expericence in accounting, I offer immediate value to your company. I have good command of all the required sotware programs, including MS Word, MS Excell, Zahir, and Accurate. I am proficient in general accounting, payrol processing, data collection and analysis, banking activities, and tax reporting. My financial strength include budgeting, reporting, auditing, month-end closing, and managing annual budget process.
For your further consideration, I have a bachelor degree in Accounting from Indonesia University. I am hardworking, have good command of English, responsible, trustworthy, and able to work well under pressure.
Thank you very much for your attention. I am looking forward to hearing from you soon.
Sincerely,
Farhad Babas Susanto, S.E.

Penutup

Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar perlu keterampilan. Cobalah Anda menerapkan langkah-langkah yang telah saya jelaskan dalam membuat surat lamaran kerja apa pun.
Jangan ragu untuk memodifikasi contoh surat lamaran kerja di atas sehingga surat lamaran kerja yang Anda buat menjadi lebih baik.
Sumber:  duniakaryawan.com

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Surat Lamaran Yang Baik Dan Benar Agar Dapat Di Terima Dengan Cepat"