Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Bisnis Kreatif untuk Anak Muda dengan Modal 1 Juta


Memulai bisnis merupakan satu tantangan berat dan terdengar menakutkan. Ide bisnis pun tidak datang dengan mudah dan kadang belum sesuai dengan keadaan maupun modal yang Anda inginkan.

Bagi Anda yang sedang mengalami kebingungan tersebut, jangan khawatir! Yuk simak 7 ide bisnis kreatif untuk anak muda dengan modal Rp1 Juta berikut! Siapa tahu ide bisnis kreatif modal minim di bawah ini bisa Anda jalani, meski saat ini Anda sedang full time kerja kantoran.

1. Jual Beli Barang Bekas

Punya barang bekas ospek yang sudah tidak terpakai? Atau baju dan buku-buku sekolah maupun kuliah yang sudah tidak dibaca lagi? Saatnya Anda manfaatkan kelebihan barang-barang tersebut.
 

Baca Juga:  7 Minuman Segar Yang Pas Untuk Berbuka Puasa

Untuk memulai bisnis kreatif untuk anak muda ini, Anda dapat mengeluarkan uang kurang dari Rp1 juta dengan modal smartphone Anda, kuota internet bulanan, dan ongkos untuk drop barang Anda ke tempat jasa pengiriman.

Pilihlah barang-barang layak pakai yang kiranya sudah tidak Anda gunakan. Manfaatkan handphone Anda untuk memotret produk Anda dengan baik. Anda bisa buat akun media sosial maupun situs khusus seperti carousell.com.

2. Jasa Dropship Barang

Ini dia ide bisnis kreatif untuk anak muda selanjutnya. Bisnis dropship bisa dibilang juga bisnis tanpa modal. Dengan menjalani bisnis ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang dalam jumlah kecil bahkan bisa tidak mengeluarkan uang sepeserpun.

Modal utama dalam usaha ini adalah kemampuan Anda dalam memasarkan suatu produk. Namun, jenis usaha ini juga tidak boleh disepelekan.

Untuk menjadi dropshipper yang baik, Anda harus memahami spesifikasi barang yang dijual dan cermat dalam memilih supplier yang terpercaya. Dengan menguasai kemampuan tersebut, Anda bisa terus meningkatkan reputasi Anda sebagai dropshipper.

3. Jual Makanan Sarapan di Rumah

Dari anak sekolah hingga pekerja, tentunya butuh yang namanya asupan makan pagi. Namun, tak sedikit juga yang tidak sempat menyediakan makanan tersebut.

Kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis aneka menu sarapan seperti bubur, nasi uduk, dan lontong sayur. Untuk tempat jual beli, Anda cukup menata meja dan makanan di halaman rumah Anda.

Modal untuk memulai usaha ini, untuk bahan baku makanannya sendiri bisa membutuhkan paling banyak sekitar 1 juta rupiah dengan asumsi peralatan dapur Anda sudah lengkap.

Untuk menjaga efektivitas penggunaan dana, usahakan untuk survei bahan baku dengan harga paling terjangkau namun tetap dengan kualitas yang baik.

Tertarik menjalani ide bisnis kreatif untuk anak muda yang satu ini?

4. Jasa Pengetikan

Jika Anda memiliki laptop dan internet yang memadai di rumah, Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan membuka jasa pengetikan. Apalagi jika tempat tinggal Anda berada di lingkungan kampus maupun sekolah, dijamin jasa Anda akan banyak dibutuhkan oleh murid dan mahasiswa di sekitar Anda.

Untuk memulai bisnis ini, sangat memungkinkan untuk mengeluarkan modal kurang dari Rp 1 juta, terutama bagi Anda yang sudah memiliki laptop atau notebook yang memadai.

Jika Anda belum memiliki keduanya, Anda bisa coba survei harga laptop second atau notebook murah dengan harga dibawah Rp1 juta dan membelinya untuk memulai usaha Anda.

5. Jasa Print

Selain jasa pengetikan, jasa print juga sangat dicari-cari oleh banyak kalangan, baik murid sekolah, mahasiswa, maupun kebutuhan karyawan kantor.

Jika Anda sudah memiliki alat print yang memadai, Anda bisa memulai bisnis ini dengan cara menambahkan stok tinta bermodal sekitar Rp150.000 hingga Rp500.000 serta stok kertas dengan modal sekitar Rp56.000 hingga Rp200.000.

Jika Anda belum memiliki printer yang memadai, Anda bisa survei harga printer dalam kisaran Rp400.000 hingga Rp600.000. Seiring berkembangnya bisnis, Anda bisa terus memperbaiki kualitas kertas, tinta, dan alat cetak sesuai dengan keuntungan yang Anda raih.

6. Jasa Penulis Artikel Lepas

Punya hobi menulis namun tidak punya waktu untuk aktif posting artikel blog? Anda bisa jadikan kemampuan menulis Anda dengan jadi penulis lepas atau freelance writer.

Penggunaan artikel blog atau website dalam mempromosikan bisnis yang semakin tinggi dan membuat usaha penulis lepas memiliki peluang yang menjanjikan.

Untuk memulai usaha ini, jika Anda sudah memiliki gadget dan internet yang memadai, hampir tidak perlu mengeluarkan sepeserpun.

Namun, Anda perlu memiliki keahlian menulis dan memahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization). Pendapatan yang akan Anda hasilkan juga cukup menjanjikan. Untuk pembuatan artikel web, menurut institutpenulis.id, Anda bisa mematok harga sekiranya Rp330 per kata.


7. Budidaya Bibit Tanaman

Ide bisnis kreatif untuk anak muda di atas belum ada yang cocok? Bagaimana dengan yang satu ini? Ya, budidaya tanaman bibit.

Budidaya bibit tanaman memiliki potensi usaha yang baik untuk dijalankan. Bibit yang bisa Anda tanam di antaranya aneka jenis cabe, tomat, terong, dan aneka sayuran, bumbu dapur, dan jenis buah lainnya.

Modal yang Anda butuhkan untuk usaha ini masih berkisar dalam harga 1 juta rupiah. Optimalkan modal Anda dengan memilih bibit, pupuk, serta pot dengan harga yang terjangkau tapi tetap berkualitas.

Sekian 7 Bisnis Kreatif untuk Anak Muda dengan Modal 1 Juta 
semoga bermanfaat 

1 komentar untuk "7 Bisnis Kreatif untuk Anak Muda dengan Modal 1 Juta"